Hallo Readers, Selamat Datang di Blog ini.
Pertama-tama, Perkenalkan nama saya Nanda Tya Septiani.
Mahasiswa Jurusan Hubungan Masyarakat di Universitas Esa Unggul, kali ini saya akan membahas yang berkaitan dengan Ruang Lingkup Hubungan Masyarakat guna memenuhi tugas UTS Cyber PR 2019.
![Related image](https://emergesalestraining.com/wp-content/uploads/2017/12/science.gif)
HUBUNGAN
MASYARAKAT
![Image result for media sosial humas cartoon](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJucFXIKbUJuzxKHB_Ovq85RHtnVaeeqG7sLCIU1BnSqTrGIJmdzFvlQKAmoBwwWVRUdJNw_O7lXwTlPbKkm_HikLTDhYjByAciswoFH6BuJ3vu_K964cGhfZJ_H5D3LqZ48YFJRDFQ_CA/s1600/humas-public-relations-pr.jpg)
Humas merupakan singkatan dari Hubungan
Masyarakat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Public Relation
(PR) yang bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan
reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan
public.
PR adalah kegiatan komunikasi yang terencana dan persuasif untuk
mendesain publik-publik yang nyata. PR bukanlah ilmu tradisional yang digunakan
untuk menghadapi tujuan-tujuan sesaat. PR perlu direncanakan dalam suatu
pendekatan manajemen kepada target-target public tertentu.
Definisi PR menekankan pada fungsi komunikasi dari PR. Pada dasarnya , semua
manajer di dalam organisasi bertanggung jawab dan terlibat dalam komunikasi,
tetapi PR manajer memiliki tanggung jawab yang lebih besar, dan memiliki
tanggung jawab yang lebih spesifik di dalam komunikasi. Komunikasi berperan di
dalam skill (keahlian) seorang PR, juga harus nampak dalam tugas-tugasnya
(tasks performed).
Selain harus nampak pada skill, seorang PR juga harus dapat mengaplikasikan
komunikasi dalam sistem. Sistem komunikasi yang dimaksud adalah metode untuk
mengumpulkan informasi , memelihara hubungan baik dengan publik baik secara
internal maupun eksternal adalah contoh dari pelaksanaan sistem komunikasi.
Yang terakhir yaitu public relations bertanggung jawab terhadap terciptanya
komunikasi 2 arah yang sistematis.
Keberadaan PR dalam suatu organisasi terutama
difungsikan untuk menunjang fungsi-fungsi manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan
bersama. Adanya berbagai kemajuan telah mengakibatkan terjadinya pembaruan
dalam masyarakat. Cara hidup mesyarakat yang semakin modern dan semakin
terspesialisasi dalam bidang-bidang tertentu, semakin mempengaruhi fungsi
tersebut. Kondisi di atas jelas memerlukan keahlian khusus di bidang PR.
Praktisi PR dituntut kemampuannya untuk mengkoordinasikan atau mengelola
pemanfaatan sumber daya organisasi untuk penyelenggaraan komunikasi 2 arah
antara organisasi dan publiknya. Kaitan antara PR dengan konsep manajemen
menghasilkan pemahaman akan pentingnya public relations.
- Eksternal
Relations
Publik Eksternal adalah publik yang berada di luar organisasi/ instansi/
perusahaan yang harus diberikan penerangan/informasi untuk dapat membina
hubungan baik. Publik eksternal menyesuaikan diri dengan bentuk atau sifat,
jenis dan karakter dari organisasi yang bersangkutan. Dengan demikian maka yang
menjadi publik eksternal suatu organisasi akan berbeda dengan organisasi
lainnya.
Publik Eksternal Dan Bentuk Hubungan Eksternal Perusahaan
a. Publik Eksternal suatu Perusahaan
1. Publik Pers (Press Public)
2. Publik Pemerintahan (Government Public)
3. Publik Masyarakat Sekitar (Community Public)
4. Publik Rekanan/Pemasok (Supplier Public)
5. Publik Pelanggan (Costumer Public)
6. Publik Konsumen (Consumer Public)
7. Publik Bidang Pendidikan (Educational Public)
8. Publik Umum (General Public)
Hubungan
Eksternal suatu Perusahaan
Dengan adanya public eksternal dalam lingkup kegiatan PR tersebut memberikan konsekuensi pada berbagai hubungan bagi masing-masing public eksternal. Sifat hubungannya disebut hubungan eksternal (Eksternal Relations). Beberapa bentuk hubungan internal dalam perusahaan :
Dengan adanya public eksternal dalam lingkup kegiatan PR tersebut memberikan konsekuensi pada berbagai hubungan bagi masing-masing public eksternal. Sifat hubungannya disebut hubungan eksternal (Eksternal Relations). Beberapa bentuk hubungan internal dalam perusahaan :
Kegiatan public relations dalam rangka mengatur dan membina hubungan baik
dengan pihak pers.Arti harpiah daripad press adalah percetakan, namun pada
perkembangan selanjutnya istilah pers dapat diartikan sebagai pihak-pihak yang
berkecimpung dalam hal pemberitaan, jadi tidak saja surat kabar, tapi juga
meliputi berbagai media seperti TV, Radio, dsb. Prinsipnya Press Relations
adalah membina hubungan baik dengan orang-orang pers. Disamping membina,
seorang PRO juga harus mengatur dan mengembangkan hubungan baik dengan pers
dsb.
Citra
Katz dalam Soemirat dan Ardianto (2004)
mengatakan bahwa citra adalah cara bagaimana pihak lain memandang sebuah perusahaan,
seseorang , suatu komite, atau suatu aktivitas. Setiap perusahaan mempunyai
citra. Setiap perusahaan mempunyai citra sebanyak jumlah orang yang
memandangnya. Berbagai citra perusahaan datang dari pelanggan perusahaan,
pelanggan potensial, bankir, staf perusahaan, pesaing, distributor, pemasok,
asosiasi dagang, dan gerakan pelanggan di sektor perdagangan yang mempunyai
pandangan terhadap perusahaan.
Terciptanya suatu citra yang baik dimata
masyarakat atau khalayak sasaran akan menguntungkan perusahaan atau suatu
organisasi, sebab citra yang baik merupakan tujuan pokok perusahaan atau
organisasi. Citra yang baik juga akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi
perusahaan atau organisasi.
ANALISIS
Sejak kasus produk susu buatan china yang menewaskan 4 orang anak dan 54.000
penyakit lainnya terungkap, pemerintah mulai mengadakan peninjauan langsung
kepada pasar-pasar dan supermarket untuk memeriksa produk-produk apa saja yang
mengandung melamin. Kekhawatiran pun semakin meluas ketika diketahui susu
import china ini digunakan untuk membuat yoghurt, permen, coklat dan makanan
ringan dan lainnya.
Oreo adalah salah satu produk makanan ringan yang dikabarkan mengandung
melamin. Melamin
(C3H6N6) adalah sebuah zat kimia berbentuk kristal
putih yang digunakan untuk membuat produk plastik, pupuk,bahan perekat,bahan
untuk produk tahan api,polimer dan pembersih. Pada masalahnya zat kimia ini
bisa menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal, khususnya pada bayi. Ketika
dicerna,metabolisme menghasilkan amonia di dalam tubuh yang menyebabkan
kegagalan ginjal. Melamin dalam produk oreo digunakan sebagai pengkilat biskuit
coklat dan pemutih pada cream rasa yang terdapat di lapisan tengah biscuit
Setelah BPOM melakukan tinjauan langsung pada pasar dan supermarket maka tidak
lama seluruh produk oreo langsung dicabut dari peredaran, karena dianggap tidak
sesuai dengan kandungan makanan yang semstinya dan terdapat zat kimia yang
dapat berdampak buruk pada tubuh apabla di konsumsi pada waktu yang lama. Hal
tersebut yang membuat oreo ditarik dari pasar. Akhirnya oreo mengalami kerugian
yang sangat besar. Krisis kepercayaan dan kerugian secara materiil dan
immateriil.
KRISIS KEPERCAYAAN TERHADAP
PRODUK OREO
Dengan timbulnya kasus
tersebut maka oreo benar-benar dalam posisi yang sangat sulit. Oreo mengalami
krisis kepercayaan yaitu, kondisi dimana publik sudah tidak lagi percaya dan
mau menggunakan lagi produk oreo tersebut. Krisis inilah yang paling parah bagi
sejarah perusahaan karena apabila publik sudah tidak percaya lagi pada produk
tersebut maka akan berdampak besar bagi kelangsungan perusahaan.
Karena hal ini menyebar lewat media massa, maka pihak Public Relations PT.KRAFT
seharusnya langsung menetralisir rumor tersebut. Dengan cara menjelaskan
tentang keberadaan produk oreo. Karena oreo berasal dari berbagai macam
distributor di berbagai negara, maka seorang PR oreo harus menginformasikan
bahwa produk oreo yang disinyalir terdapat kandungan melamin atau susu import
china adalah produk oreo bukan berasal dari distributor PT.KRAFT Indonesia,
melainkan dari distributor asing yang lain. Sehingga publik akan berfikir ulang
apabila akan mengkonsumsi oreo.
Cara untuk membedakan apakah oreo tersebut buatan distributor asing atau buatan
indonesia yaitu dengan cara melihat kode produksi yang tertera pada no BPOM.
Kode MD untuk semua produk buatan indonesia dan kode ML untuk produk buatan
asing.
PR Oreo juga harus memberi penjalasan kepada media dengan cara mengadakan
konferensi pers melalui media, hal ini bertujuan agar publik tidak merasa di
tipu oleh berita yang beredar, karena publik pun membutuhkan penjelasan.
Kemudian cara PR oreo yang berusaha membangun kembali image yang hancur melalui
iklan tergolong cukup baik sebagai langkah cepat untuk menetralisir masalah
yang sedang terjadi. Dalam iklan tersebut diperlihatkan bagaimana cara pembutan
oreo serta lebih ditonjolkan pada ke-higienisan produknya.
Iklan oreo yang ditampilkan diharapkan agar publik mengetahui proses pembuatan
oreo, dengan kebersihannya dan penggunaan mesin yang modern sehingga tidak
mungkin apabila terdapat zat kimia pada produk tersebut. Pesan itulah yang
ingin disampaikan oleh PR oreo kepada publik.
Di akhir iklan sebaiknya terdapat logo Aku cinta Indonesia dimaksudkan agar
publik lebih mengutamakan produk buatan indonesia daripada produk buatan asing,
meskipun sama-sama oreonya. Karena yang disinyalir terdapat melamin adalah
terdapat pada oreo buatan distributor asing.
Setelah cara-cara aman dilakukan untuk selanjutnya perlu diadakan promo yang
berfungsi sebagai pengingat terhadap produk oreo. Agar publik senantiasa
mengingat oreo dan dengan demikian kepercayaan publik secara perlahan kembali
normal.
Pihak PR juga harus selalu melakukan controling system kepada produk yang akan
dipasarkan, sehingga untuk kemudian tidak akan ada lagi kasus seperti ini.
KESIMPULAN DAN SARAN
Konsumen
oreo adalah mayoritas anak kecil, maka hendaknya diperhatikan bahan
pembuatannya sehingga tidak merusak sistem jaringan tubuh apabila dikonsumsi
dalam waktu yang lama. Public Relations perusahaan hendaknya selalu menjaga
komunikasi antara publik internal dan publik eksternal sehingga bisa
mengidentifikasi gejala-gejala krisis yang akan timbul, sehingga apabila
terjadi kasus tersebut tidak akan terdengar oleh media dan tidak merusak citra
atau image perusahaan. Karena apabila image perusahaan sudah jelek di mata
publik, maka butuh waktu yang lama untuk mengembalikan kepercayaan tersebut
SARAN
Dengan adanya masalah yang timbul, diharapkan masyarakat lebih
selektif lagi dalam mengambil keputusan.
1. Jangan
mudah percaya oleh iklan yang bersifat persuasif.
2. Hendaknya
membaca komposisi pada produk yang akan dibeli, khususnya produk makanan,
apakah sudah sesuai dengan nilai takaran gizi yang berlaku atau belum.
3. Apabila
ada yang kurang jelas pada kemasan produk, maka jangan ragu untuk menanyakan
pada layanan konsumen bebas pulsa yang disediakan oleh produsen produk
tersebut.
No comments:
Post a Comment